Writer interview – www.kurniawangunadi.tumblr.com

We had a chat with a man behind www.kurniawangunadi.tumblr.com that has so many followers, he was an product designer, but today he was totally a writer.

How did you end up on the path being a writer?

Zaman abis lulus dari kampus mulai mencari-cari kerjaan dsb. Sampai akhirnya udah kerja di dunia desain. Terus memutuskan untuk banting stir. Menulis dan menggambar adalah dua aktivitas yang udah akrab sejak kecil, dan kini memutuskan untuk menekuni keduanya. Di dunia menulis dulu ini semacam jadi kesenangan (sampe sekarang sih) cuma sekarang lebih ditekuni. Dulu di waktu kosong jeda (dari abis lulus – nyari kerjaan) memutuskan untuk ngebukuin tulisan-tulisan di blog dsb, berangkat dari situ, awal memutuskan untuk menekuninya. Karena ga nyangka apresiasinya begitu luas dan banyak. Alhamdulillah, sejak saat itu jadi pede untuk masuk ke dunia kepenulisan, selain jadi tukang gambar.
 
When are you at your most creative? 
Waktu lagi galau (dalam konotasi positif), artinya lagi ada pikiran, lagi di jalan, ketemu sesuatu, terus mikir. Lagi di toilet, ngelamun sesuatu, terus mikir. Kalo waktu menulis terbaiknya itu pagi hari, biasanya wktu tahajud – fajar.
 
Who was your first best friend?
Ga tau juga bestfriend siapa hahaha ini seriusan. Bagi saya teman-teman itu ya teman-teman. Cuma yang support sejak kecil banget ada temen saya (tetangga) sesekolah dari TK smpe SMA, sampe sekarang udah berkeluarga dan masing-masing mau punya anak. Jadi semacam doi tau perjalanan saya sejak jaman jahiliyah.
 
What’s your favourite childhood memory?
Ada banyak. Semuanya kayak masih keinget jelas. Semacam harus ke desa tetangga buat nonton Baja Hitam RX (dulu listrik baru masuk tahun 1995). Atau tiap sore nyalain lampu minyak serumah. Main petak umpet berbekal pencahayaan rembulan. Atau dibonceng pake sepeda jengki sama bapak buat beli mainan dan buku ke kota (jaraknya sekitar 12km). Atau pulang sekolah ganti baju langsung nyari ikan di sawah dan kali. Atau nyari jangkrik sambil ujan-ujanan di tengah sawah. Ikut bapak nyangkul di sawah meskipun endingnya saya cuma main lumpur.
 
Where would we typically find you on a Sunday morning?
Kalo minggu, sekarang-sekarang ini saya bisa ditemui di luar kota (luar jogja) karena biasanya ngisi acara-acara baik seminar kepenulisan dsb di instansi kampus dan komunitas itu banyaknya akhir pekan. Jadi kalo itu dianggap kayak kerjaan, waktu kerja saya Jumat – Senin, Selasa – Kamis liburnya.
 
Where do you most feel at home?
Di rumah ini lebih produktif rasanya. Nyaman buat kerja. Jadi rumahnya emang dikondisikan untuk jadi workspace pribadi, ga ada distraksi aneh-aneh kayak di luar.
If you could partake in a beverage with any writer, living or dead, who would it be?
BUYA HAMKA tentunya. Saya fans beratnya.
 
What’s your plan in next 5 years?

Dalam 5 tahun kedepan (2017-2022) paling jelas itu mau ambil sekolah lagi cuma belum tau mau jurusan apa. Matengin bisnis yg udah jalan. Sama mulai merintis impian terbesarnya dalam siklus tsb, yaitu bikin sekolah.

Itu keluarnya.

Kalo ke dalam,
InsyaAllah mau punya anak tahun ini. Jadi dia adalah bagian dari rencana dan mau mendidiknya sebaik mungkin apalagi itu di masa emasnya. Bagaimana dalam 5 tahun ke depan saya bisa hadir dalam pertumbuhannya sebagai ayah yang baik.

Tagged ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Dapatkan kabar tebaru dari kami

Kami akan memberitahu kamu apabila ada hal yang menarik yang sedang kami kerjakan